Monday, September 29, 2014

Pandangan mahasiswa sriwijaya terhadap tzi-chi
Dapat kita ketahui bahwa hubungan tzu-chi terhadap kampus sriwijaya sangatlah erat. Bagaimanakah dengan mahasiswanya? Secara umum ada sebagian mahasiswa yang tidak mengemari organisasi ini. Dapat dilihat pada saat akan diadakan pertemuan seperti kunjungan dari tim tzu-chi diaula kampus pasti hanya ada beberapa mahasiswa yang datang sisanya memilih tinggal diasrma. Hal ini disebabkan karena mahasiswa merasa adanya paksaan dari kampus dan terlebih lagi tidak menyukai latar belakng dari tzu-chi.
Apabila kita dapat mempelajari tzu-chi lebih mendalam maka dapat merubah pandangan mahasiswa terhadap tzu-chi. Pada awalnya tzu-chi ini didirikan oleh Master Cheng Yen pada tahun 1996 yang berpusat di Hualien, Taiwan kemudian tersebar dengan berada di 52 negara. Tzu-chi berada diindonesia mulai pada tahun 1993dengan 16 kantor peenghubung yang tersebar dengan tujuan utnuk mempermudah menyalurkan bantuan. tzu-chi dibagi menjadi dua kata” tzu” yaitu memberikan kebahagiaan dan “chi” yaitu menghilangkan penderitaan jadi, tzu-chi adalah memberikan kebahagiaan dengan menghilangkan penderitaan.
Setelah mempelajari tzu-chi selama empat pertemuan dapat mengetahui informasi dari organisasi tzu-chi yang pada intinya berbuat baik dengan memberikan bantuan. Pada dasarnya organisasi ini mempunyai berbagai macam visi dan misi salah satunya adalah memberikan baantuan terhadap pendidikan guna untuk melestarikan pendidikan diindonesia dengan cara mendirikan atau merenovasi sekolah-sekolah yang sudah tidak layak buat diadakan kegiatan belajar mengajar. ada tiga prinsip dalam tzu-chi yang bisa dijadikan sebagai teladan yaitu bersyukur, menghormati dan cinta kasih. contohnya saat memberikan bantuan apabila terjadi bencana alam maka dengan cepat turun membantu dengan dilandasi ketiga prinsip. Dengan dilandasi lima keistimewaan tim tzu-chi yaitu senyuman, turun lansung dalam lapangan, rendah hati, penuh pengertian, dan berperilaku lembut.

Oleh karena itu bagi teman-teman mahasiswa sriwijaya alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu filosofi dari tim tzu-chi dan dapat menyaring dengan baik tujuan dari tzu-chi itu sendiri. Pada dasarnya tim tzu-chi dapat dijadikan sebagai teladan bagi kita untuk senantiasa membantu sesama mahluk dan saling tolong menolong.

No comments:

Post a Comment