Saturday, October 18, 2014

Mengenal Daerah Pendalaman Yaitu Suku Mentawai

Diindonesia banyak suku yang berasal dari pedalaman bahkan bisa dikatakan sebagai suku terasing seperti suku mentawai. Untuk mengenal lebih jauh marilah teman-teman kita pelajari awal mulai atau sejarah dari suku mentawai. Maka dengan begitu kita dapat memperoleh sebuah informasi terhadap suku-suku diindonesia yang sudah mulai dilupakan.
 Suku mentawai terdapat diprovinsi sumatera barat tepatnya dipulau-pulau seperti siberut, sipora, pagai utara, dan pagai selatan. Banyak pandangan yang menyatakan segi dari asal-usul masyarakat mentawai. Secara geografis, letak kepulauan Mentawai berhadapan dengan Samudera Hindia.Jarak kepulauan 100 kilometer, Menurut kepercayaan masyarakat Siberut, nenek moyang masyarakat Mentawai berasal dari satu suku/uma dari daerah Simatalu yang terletak di Pantai Barat Pulau Siberut yang kemudian menyebar ke seluruh pulau dan terpecah menjadi beberapa uma/suku.
Sebagian besar masyarakat mentawai banyak tinggal di kampung-kampung.Kampung yang terletak di pinggir sungai pedalaman meski ada yang berada di pinggir pantai. Tiap kampung terdiri dari tiga sampai lima wilayah yang disebut perumaan. Disini uma disebut sebagain rumah yang terbuat dari kayu pohon.Arsitektur bangunan rumah Mentawai berbentuk panggung. Panjang Uma mencapai hingga 25 meter dan lebarnya berkisar 10 meter.Kerangka Uma terbuat dari kayu bakau, lantainya dari batang nibung, dinding rumahnya dari kulit kayu, sedangkan atapnya dari daun sagu. Uma dalam masyarakat mentawai memiliki multifungsi seperti sebagai balai pertemuan umum untuk upacara dan pesta adat bagi anggota-anggotanya yang semuanya masih terikat hubungan kekerabatan menurut adat.
Dalam sistem hukum adat suku mentawai meilki pandangan mengenai hutan. kawasan seperti hutan, sungai, gunung, perbukitan, hutan, laut, dan rawa memiliki penjaga yaitu mahluk halus disebut lakokaina percaya akan mendatangkan sebuah rezeki. Agama yang dianut masyarkat mentawai adalah arat sabulungan yang berarti segala sesuatu yang ada, benda mati atau hidup memiliki roh yang terpisah dari jasad dan bebas berkeliaran di alam luas.Saat ini agama masyarakat Mentawai sudah bervariasi.Hal ini mengingat sudah banyak yang memeluk agama Islam atau Kristen.
Demikian tadi ulasan sedikit mengenai awal mula munculnya masyarakat mentawai. Apakah yang timbul dalam pikiran teman-teman mengenai hal ini???? Sangat miris apabila  mengetahui suku-suku terasing diindonesia yang sebagian besar juga tidak dikenal. Kehidupan merekapun hanya disebuah hutan dengan mata pencaharian rata-rata berburu atau memanfaatkan apa yang ada dihutan. Harapan saya kepada pemerintah untuk lebih menanggapi karena bagaimanapun juga suku-suku tersebut termasuk dalam sebuah budaya tradisional yang  juga memerlukan sebuah perkembangan bagi penyebarannya.





No comments:

Post a Comment