Sunday, January 4, 2015

8 cara  jitu hidup hemat

Setiap orang pada dasarnya menginginkan kesuksesan finansial dalam hidupnya, namun hanya sedikit saja yang berhasil meraihnya. Mengapa? Karena banyak orang yang memilih hidup boros dalam artian mengkonsumsi lebih banyak di saat sekarang dengan mengambil kemampuan konsumsi dimasa mendatang. Hal ini sangat bertolak belakang dengan hidup hemat yang memiliki pengertian proses efisiensi konsumsi di saat sekarang untuk dapat mengkonsumsi lebih banyak di masa depan. Sehingga salah satu cara untuk meningkatkan finansial adalah dengan hidup hemat.
berikut adalah 8 cara  jitu hidup hemat:
1.    Catat dan bukukan semua uang pemasukan dan pengeluaran
Buat catatan yang sistematis guna memonitoring semua uang masuk dan uang keluar. Minimalkan uang pengeluaran dan maksimalkan sebagian besar uang yang anda sisihkan untuk ditabung. Disiplin, komitmen serta pengorbanan yang besar diperlukan pada tahap ini supaya rencana ini dapat dilakukan dengan sukses.
2.    Simpan kartu ATM dan Kartu Kredit yang anda miliki
Orang biasanya memiliki kecenderungan untuk bisa merasakan kenikmatan saat dengan mudahnya berhutang atau bisa mengeluarkan uang dengan mudah, dan anda jangan sampai terjebak dalam kenikmatan sesaat tersebut. untuk menyiasati hal ini, maka anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk keperluan bulanan dan simpan kartu-kartu tersebut dirumah agar lebih aman.
3.    Rubah pola hidup konsumtif, gengsi dan hobi mahal yang memakan biaya
Jangan pernah merasa malu dan minder saat anda harus memotong sebagian besar budget yang anda miliki untuk ditabung dan merubah gaya hidup anda. Merubah gaya hidup bukan berarti anda harus membuang gaya anda, tapi yang anda perlukan hanyalah menyiasatinya.
4.    Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan.
Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan dan lakukan secara bertahap. Biaya pengeluaran rutin yang kurang memiliki banyak manfaat sebaiknya diminimalisir seminim mungkin. misalnya berhenti berlangganan koran, majalah, kartu kredit, merampingkan anggaran kartu telepon selular dan lain sebagainya yang anda nilai bisa membebankan pengeluaran anda dan alokasikan biaya tersebut ke tabungan.
5.    Bawa makanan dari rumah saat bekerja.
Tips bagi anda yang kerja, Jangan malu untuk membawa makanan dari rumah saat bekerja karena hal ini justru mencerminkan kebiasaan hidup yang lebih sehat. Selain bisa menghemat, cara ini juga kini telah banyak diaplikasikan oleh mereka yang ingin menimimalisir anggaran budgetnya atau tengah menjalankan diet dengan menu makanan sehat.
6.    Temukan hal-hal yang memakan biaya kemudian alokasikan ke tabungan anda
Semakin banyak anda menemukannya, maka semakin cerah masa depan finansial anda. Ingat selalu pada pencapaian serta tujuan akhir dan konsistensi dalam proses, itu yang paling penting. Ingat, apa yang anda jalani saat ini adalah manifestasi apa yang anda dapatkan esok hari.
7.    Gunakan transportasi umum
Apabila hidup dimasa kini anda bisa memanfaatkan krl Commuter Line untuk bepergian ke tempat kerja. Anda bisa jauh menghemat biaya jika sudah terbiasa menggunakan transportasi umum, sehingga akan menghemat biaya transport yang jauh sekali berbeda dibanding naik kendaraan pribadi
8.    Bedakan antara kebutuhan dan keinginan
Ini seringkali berkesinambungan  Kadang keinginan seseorang belum tentu menjadi kebutuhannya. Jadi mulai dari sekarang, Anda harus memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan Anda  jangan memaksakan kehendak.


No comments:

Post a Comment