Sunday, January 4, 2015

tips rahasia mengatasi rasa malas
Kemalasan adalah musuh produktivitas. Mengapa demikian?, karena Rasa malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Jika kita malas, tidak ada cara lain kita bisa mencapai hal-hal yang berarti. Kita mungkin menunda-nunda melakukan sesuatu, atau bahkan jika kita melakukannya, kita melakukannya dengan setengah hati. Hasil berkualitas tinggi tidak akan tercapai dengan cara-cara seperti itu. Tetapi kalau kita lihat dari kaca mata pikiran, penyebab malas belajar adalah tidak adanya tujuan yang spesifik dan jelas dari mata pelajaran yang dipelajari. Ini umum di kalangan para pelajar. Mengapa? Karena para pelajar tidak pernah diajarkan bagaimana pentingnya sebuah tujuan dan bagaimana cara membuat tujuan yang benar dalam belajar rasa malas adalah salah satu bentuk prilaku dari suka menunda. Bila anda suka menunda maka anda pasti akrab dengan sifat malas. Cara paling efektik untuk mengatasi ini adalah melakukan upaya nyata dengan tepat untuk membentuk prilaku baru yang bisa membantu anda memiliki rasa disiplin dalam diri untuk belajar. Berikut adalah tips rahasia menagatsi malas belajar:
1.   Tujuan tertulis
Tujuan adalah suatu  pengaruh yang sangat besar kepada diri kita saat ingin mencapai sesuatu yang bersifat kesenagan. Tidak ada sedikit pun rasa malas dalam diri anda. Ketika rasa malas itu muncul mungkin anda teringat akan tujuan anda. Yang membuat diri anda langsung bersemangat untuk latihan. Itulah kuatnya pengaruh dari tujuan yang jelas dan spesifik. Ketika anda memiliki satu tujuan yang jelas dan spesifik maka secara tidak sadar pikiran anda akan memfokuskan energinya untuk mencapai tujuan tersebut.
2.   Strategi belajar
Strategi belajar yang tepat adalah salah satu solusi untuk mengatasi kebiasaan malas belajar anda di sekolah atau pun di rumah. Ini sangat bermanfaat karena akan memudahkan anda dalam belajar di sekolah.
3.   Prioritas belajar
perlunya membuat prioritas dalam belajarseperti meluangkan sedikit waktu atau lebih untuk mempelajari satu materi tertentu, mengerjakan tugas serta belajar untuk materi yang akan diajarkan esok hari.hal ini sangat penting Bila memberikan prioritas pada pelajaran yang kurang dikuasai, maka akan semakin mudah mengerti materi yang sedang anda prioritaskan untuk kuasai.
4.   Posisi belajar
Posisi belajar akan sangat mempengaruhi anda dalam mood (emosi) belajar. Bila anda belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun anda pasti akan tertidur. Akan sangat sulit untuk menahan diri untuk tidak tidur. Tubuh anda akan merespon bahwa buku atau pelajaran yang anda sedang pelajari tidak terlalu penting untuk dipelajari. Kembali ke sifat pikiran bawah sadar, pikiran akan mengartikan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyiksa dan membosankan
5.   Tindakan

Bila anda melakukan tindakan, meski pun itu tindakan yang sangat kecil. Bila terus dilakukan secara terus menerus maka, perlahan tapi pasti anda akan memiliki kebiasaan untuk belajar dan disiplin yang baik. Dengan begitu, anda bisa mengatasi kebiasaan malas belajar dalam diri anda.

No comments:

Post a Comment