Thursday, January 15, 2015

Tips Mengatasi Kemacetan Di Ibu Kota Jakarta

Istilah macet sudah terdengar tidak asing bagi kita semua apa lagi yang berada di kota metrotopolitan. Karena macet adalah kata yang menggambarkan kondisi di kota-kota besar di Indonesia terutama di Jakarta yang belum teratasi sampai saat ini. Jika selama ini Jakarta adalah kota yang selalu di hubungkan dengan kemacetan, maka sekarang masalah kemacetan sudah merambah ke kota besar lainya seperti di Yogyakarta, bahkan kota-kota satelit akan tertular penyakit ini jika tidak segera ditemukan solusi mengatasi memacetan. Misal ketika sudah memasuki jam pulang kerja ribuan kendaraan dari berbagai jenis memadati setiap ruas jalan. Fenomena ini tak lepas dari banyakanya kendaraan yang masuk ke pasaran setiap harinya. Jika hal ini dibiarkan mungkin beberapa tahun kedepan kondisi yang ada di Jakarta saat ini akan terjadi juga di kota-kota lainya.

kepadatan jumlah penduduk pada suatu kota yang masing-masing membutuhkan serta memiliki kendaraan sebagai sarana transportasi menuju ke tempat kerja serta melakukan aktifitas sehari-hari. Hal ini membutuhkan jalan raya yang mampu menampung semua kendaraan yang ada disertai pengaturan manajemen lalu lintas yang bagus sehingga setiap kendaraan dapat berjalan normal serta lancar tanpa kemacetan, di berbagai kota pada negara dengan pertumbuhan ekonomi meningkat tajam sering terjadi penambahan jumlah kendaraan dengan grafik melonjak tajam sementara infrastruktur jalan raya masih membutuhkan waktu dan berbagai kendala untuk mengikuti perkembangan jumlah kendaraan yang ada sehingga dapat melayani dengan maksima.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dari pembuatan jalur busway, pembatasan jumlah penduduk datang atau urbanisasi sampai rencana pembangunan rel kereta namun nampaknya masih belum cukup untuk mengurai kemacetan yang ada. Untuk mengatasi masalah kemacetan ini, tentu diperlukan solusi yang tepat. Beberapa cara untuk mengatasi kemacetan yang selama ini belum juga teratasi adalah sebagai berikut:
1.     Pembuatan jalan baru atau pelebaran jalan
Membuat jalan baru atau melakukan pelebaran jalan tentu dapat menambah kapasitas jumlah kendaraan yang dapat ditampung namun tentu tidak mudah menangani pembebasan lahan yang padat dengan penduduk dengan bangunan-bangunan yang sudah berdiri dengan berbagai fungsi.
2.     Membuat jalan layang
Pembuatan jalan layang seperti yang telah dibangun pada jalur ancol-tawang terbukti dapat mengatasi kemacetan, dimana pada jalan lantai 2 diperuntukan sebagai jalan tol khusus kendaraan roda empat atau lebih sedangkan pada jalan lantai 1 digunakan untuk jalan umum, namun tentu membutuhkan biaya yang besar serta waktu yang lama untuk membuatnya.
3.     Membuat jalur busway / pengurangan kendaraan yang ada
Mengurangi kendaraan yang ada memang dapat mengurangi kemacetan yang salah satunya dengan cara menganjurkan masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi atau beralir ke busway sebagai sarana transportasi umum.
4.     Membuat teleportasi
pengalihan transportasi dari menggunakan kendaraan menjadi teleportasi sangat mungkin dilakukan sehingga tidak diperlukan lagi jalan raya sebagai sarana infrastruktur, teknologi ini sudah pernah ada.
5.     Kebijakan Pemerintah
Peran pemerintah dalam mengatasi kemacetan juga sangat diperlukan. Jumlah kendaraan yang semakin lama semakin meningkat juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan. Peran pemerintah seharusnya membuat sebuah kebijakan untuk pembatasan kendaraan maka akan menekan populasi kendaraan yang memenuhi jalanan. Oleh karena itu diperlukan sebuah kebijakan untuk mengatur jumlah kendaraan.


No comments:

Post a Comment