Thursday, January 15, 2015

PENTINGNYA MEMOTIVASI DIRI KAWAN

Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pasti pernah mengalami satu momen yang membuat dirinya terjatuh atau down secara mental. Misal ketika kita sedang melaksanakan kuliah, tentu kita pasti pernah mengalami kejenuhan untuk kuliah entah karena terlalu banyak tugas yang diberikan, banyak tugas yang belum diselesaikan, atau jenuh dengan waktu kuliah yang padat. Namun kejenuhan tersebut tidak boleh terus tumbuh dalam diri kita karena akan berakibat buruk bagi diri kita sendiri. Banyak hal yang mempengaruhi hal ini sehingga membuat banyak orang bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Selain itu, di tambah dengan banyaknya masalah atau tantangan yang di hadapi membuat diri menjadi putus asa. Oleh karena itu, Kita harus memiliki motivasi dalam diri kita agar tujuan kita dapat tercapai dengan baik.

Untuk memotivasi diri sangatlah penting demi tercapainya tujuan. Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku. Menurut Kartini Kartono motivasi menjadi dorongan (driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu. motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu. Motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain.

Sumber motivasi dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.     Motivasi internal yaitu motivasi dari dalam diri, dari perasaan dan pikiran diri sendiri, tidak perlu adanya rangsangan dari luar. Orang yang memiliki motivasi internal, akan memandang dirinya secara positif. Sebagai contoh, seseorang yang melakukan aktivitas belajar secara terus menerus tanpa adanya motivasi dari luar dirinya dan bila ditinjau dari segi tujuan kegiatannya, orang tersebut ingin mencapai tujuan yang terkandung di dalam perbuatan belajar itu sendiri, misal karena ingin mendapatkan pengetahuan, bukan karena tujuan yang lain.
2.     Motivasi eksternal yaitu motivasi dari luar atau mendapatkan rangsangan dari luar. Sebagai contoh, motivasi seseorang timbul karena dari bacaan yang memotivasi, lingkungan, atau dari kehidupan keseharian. Sehingga bila ditinjau dari segi tujuannya orang tersebut tidak langsung terjun didalam apa yang dilakukannya. Hal ini sangat diperlukan bagi orang yang tidak memiliki motivasi internal.
motivasi tidak hanya timbul dari dalam diri kita secara sendirinya tetapi dapat ditimbulkan oleh faktor luar. Motivasi tersebut timbul tidak dari diri saja tetapi ditimbulkan oleh faktor luar seperti termotivasi untuk mendapatkan hasil atau nilai yang baik, dari dukungan orang tua, dan meraih cita-cita yang diinginkan. Namun tak selamanya motivasi eksternal itu timbul, sehingga kita perlu menumbuhkan motivasi internal dalam diri kita juga.

berikut tips untuk menumbuhkan motivasi secara internal:
Ø Menciptakan Imbalan dan bertekad dalam diri. Kalau kita melakukan sesuatu, misal belajar maka akan mendapatkan hasil atau IPK yang tinggi. Dengan begitu diri kita akan termotivasi untuk melakukan sesuatu yang berguna.
Ø Ambil selalu langkah kecil. Terkadang untuk mendapatkan sesuatu yang besar perlu langkah-langkah kecil. Seperti mengurangi kemalasan sedikir demi sedikit.
Ø Membuat susunan rencana beserta langkah-langkahnya. Dengan memiliki rencana, kita seolah-olah punya alur dalam menuju tujuan secara teratur. Secara tidak langsung ini akan memotivasi dalam mencapai tujuan.
Oleh karena itu, marilah kita ciptakan sebuah motivasi diri dengan menetapkan tujuan yang akan kita capai. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, maka kita pun akan siap menembakkan busur panah menuju lingkaran yang telah kita ketahui sebelumnya. Hal inilah yang akan membuat kita mempunyai motivasi yang tinggi, karena sebelum bertindak, kita sudah yakin bahwa tindakan kita akan menghasilkan sesuatu yang tidak sia-sia.Yang tak kalah penting adalah, kita harus yakin pasti bisa meraih tujuan-tujuan yang sudah kita tetapkan itu. Untuk itu, kita sebaiknya juga mengetahui kekuatan dan kelemahan yang terdapat dalam diri kita. Tanpa adanya motivasi, cita-cita atau tujuan yang kita targetkan akan sulit terwujudkan karena kurangnya semangat dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan memiliki motivasi yang kuat, kita akan akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini, sehingga tidak ada keraguan dalam mencapai tujuan atau cita-cita kita. INGATLAH KITA PASTI BISA !!!!!!!!!!!!!!!!!

.

No comments:

Post a Comment